Uji Kompetensi Penanggulangan Bencana Di TUK Sewaktu Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Yogyakarta

Jakarta – Kembali LSP PB, Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana mengadakan Uji Kompetensi di Bidang Penanggulangan Bencana. Kegiaiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27s.d29 Juni 2019 di TUK Sewaktu Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Yogyakarta.

Kegiatan uji kompetensi di TUK Sewaktu MDMC ini bersamaan dengan kegiatan uji kompetensi di TUK PB PUSDALOPS BPBD DIY.

Peserta yang mengikuti Uji Kompetensi Bidang penanggulangan bencana ini sebanyak 12 peserta khususnya dibidang penanggulangan bencana. Tempat uji kompetensi ini berlokasi di – (Kompleks Kampus Terpadu UMY, Jl. Lingkar Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY).

H-1 tim LSP PB mempersiapkan Pra Sarana untuk kegiatan uji kompetensi di TUK Sewaktu bidang PB untuk skema sertifikasi bidang Pelayana Pertolongan Pertama, TUK Mandiri MDMC PP Muhammadiyah sedang digunakan ujian mahasiswa UMY. Maka, peralatan berikut personil yang mengoperasikan peralatan dalam skema sertifikasi Pelayanan Pertolongan Pertama tersebut dipindahkan dari TUK Mandiri MDMC PP Muhammadiyah ke Asrama Mahasiswa UMY/ UNIRES UMY. Untuk itu, Asrama Mahasiswa UMY perlu diverifikasi dan ditetapkan sebagai Tempat Uji Kompetensi Sewaktu. Verifikasi TUK Sewaktu telah dilakukan dan telah memenuhi prasyarat sebagai TUK Sewaktu dengan skema sertifikasi Pelayanan Pertolongan Pertama.

Hari pertama, pembukaan Uji Kompetensi digabung dengan acara pembukaan uji kompetensi di TUK PB Pusdalops BPBD DIY, yang dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DIY, Drs. Birawa Yuswanta, didampingi Lead Asesor dan beberapa rekan asesor –(ruang rapat lantai 2 BPBD Provinsi DIY).

Kegiatan dilanjutkan dengan penyegaran tentang sertifikasi profesi bidang penanggulangan bencana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sertifikasi LSP PB Catur Sudiro. Berikutnya, pembagian asesor dan persiapan peserta. Tim asesor memberikan pengarahan kepada para peserta terkait tujuan uji kompetensi, persyaratan yang harus dilengkapi, tahap-tahap uji kompetensi yang akan mereka lalui, tata cara pengisian APL-01 dan APL-02, dan pre-assessment. Bagi peserta yang telah siap, pada hari yang sama dilanjutkan dengan assessment.

 


Kembali