LSP PB Melaksanakan Uji Kompetensi Di TUK PB Pusdalops BPBD Provinsi DIY

Jakarta – (LSP PB) Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangana Bencana, kembali melaksanakan uji kompetensi sertifikasi penanggulangan bencana. Uji kompetensi ini dilaksanakan di (TUK PB) Tempat Uji Kompetensi Penanggulangan Bencana Pusdalops BPBD Provinsi DIY.

Uji kompetensi dilaksanakan pada mulai 27-29 Juni 2019, jumlah asesi yang mengikuti uji kompetensi sebanyak 30 asesi yaitu para pelaku penanggulangan bencana di provinsi Yogyakarta dan sekitarnya.

Sebelum dimulainya uji kompetensi pada tanggal 26 juni 2019, tim LSP PB mengunjungi TUK PB Pusdalops BPBD DIY, untuk melakukan verifikasi tambahan okupasi di TUK PB Pusdalops BPBD DIY sekaligus memastikan segala kebutuhan dan kelengkapan yang diperlukan selama proses uji kompetensi berlangsung.

Apa saja tambahan skema sertifikasinya ?  tambahan skema pada TUK PB Pudalops BPBD DIY yaitu  skema sertifikasi Hunian Shelter, Pelayanan Air Bersih dan Sanitasi, Distribusi Bantuan dan Pelayanan Pertolongan Pertama. Verifikasi ini berhasil dipenuhi oleh TUK PB BPBD DIY sehingga dengan demikian berhak untuk melakukan uji kompetensi.

Hari pertama pelaksanaan uji kompetensi pada tanggal 27 juni 2019 yaitu pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DIY, Drs. Birawa Yuswanta, didampingi Lead Asesor dan beberapa rekan asesor –(ruang rapat lantai 2 BPBD Provinsi DIY).

Kegiatan dilanjutkan dengan penyegaran tentang sertifikasi profesi bidang penanggulangan bencana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sertifikasi LSP PB Catur Sudiro. Berikutnya, pembagian asesor dan persiapan peserta. Tim asesor memberikan pengarahan kepada para peserta terkait tujuan uji kompetensi, persyaratan yang harus dilengkapi, tahap-tahap uji kompetensi yang akan mereka lalui, tata cara pengisian APL-01 dan APL-02, dan pre-assessment. Bagi peserta yang telah siap, pada hari yang sama dilanjutkan dengan assessment.


Kembali